Coworking Uncoferenece Asia (CUAsia) yang merupakan acara tahunan yang bertujuan mengumpulkan para pendukung dan penyelenggara coworking space. Acara tahun kedua ini akan kembali diadakan kembali di Bali. Nantinya, acara ini akan diisi dengan diskusi dan bertukar pikiran mengenai dunia coworking dan masa depan situasi pekerjaan di Indonesia.

Perbedaan pegelaran CUAsia tahun ini ialah selama sehari penuh akan dikhususkan membahas lebih dalam mengenai pergerakan coworking di Indonesia. Juga dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. Tentunya dalam kaitannya dengan implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Acara sehari  penuh ini akan bertajuk “Coworking Indonesia”. Bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri acara ini akan diselenggarakan di Rumah Sanur Creative Hub, di Sanur, pada tanggal 25 Februari 2016 dengan pengantar bahasa Inggris.

Secara singkat, MEA atau integrasi ekonomi kawasan terdiri dari 4 (empat) pilar, yakni pasar dan basis produksi tunggal, kawasan yang berdaya saing, pembangunan ekonomi yang merata dan berkeadilan, serta terintegrasi dalam pasar global. Artinya, MEA tidak serta merta hanya menjadikan ASEAN sebagai pasar bebas dengan mengabaikan kesejahteraan bersama, tetapi juga mendorong ASEAN agar lebih adaptif dengan perekonomian global.

Lalu, bagaimana para pelaku usaha mampu berdaya saing? Coworking adalah cara kerja baru yang mengandalkan keterhubungan, kolaborasi dan saling berbagi sumber daya. Melalui coworking, individu dan UMKM akan lebih terdorong untuk berjejaring dan menciptakan inovasi sosial dan bisnis, dan secara langsung mendukung kewirausahaan dan menunjang daya saing pelaku usaha Indonesia di era MEA ini.

Kegiatan Coworking Indonesia yang direncanakan akan dihadiri oleh sekitar 150 peserta dari kalangan pelaku usaha dan media massa akan diawali dengan media gathering pada tanggal 18 Februari 2016. Hadir pada kegiatan tersebut sebagai narasumber, antara lain Ina Hagniningtyas Krisnamurthi Direktur

Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kementerian Luar Negeri, Faye Alund – Cofounder Kumpul Coworking Space dan Risyana Muthia Communication Manager HUBUD selaku penyelenggara CUASIA 2016. Melalui kerjasama ini, diharapkan terjalin hubungan yang memberikan manfaat sebesarbesarnya bagi pelaku usaha, penggiat gerakan coworking dan pemerintah, dalam rangka keberhasilan pelaksanaan MEA dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan kawasan ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *